• motto MOKONDO team

    mencekeram seperti burung, terbang seperti burung,karena kami adalah mokondo team

    lahir atas adanya kebersamaan pada sesama anak rantau dan anak kos yang serba kekurangan tinggal di kota medan

    01. 17. selamat datang di website kami

    Tuesday, September 18, 2018

    5 Hal ini Harus Kamu Lakukan sebagai Pemuda Batak untuk Menjaga Budaya Batak

    Sebagai salah satu suku yang sudah ada sejak lama di negera indonesia, batak saat ini hampir semakin pudar. Demikian ungkap Miko yang merupakan seorang mahasiswa yang aktif menjaga budaya batak. Menurutnya ada 5 hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelastarian budaya batak. Hal ini sangat perlu terutama  bagi kalangan anak muda ungkapnya.

    1. Tidak Malu berbahasa Batak

     Sebagai bahasa daerah kita harus juga menjaga bahasa yang telah diturunkan nenek moyang kita sejak  dulu. Salah satu cara sederhana menjaganya adalah dengan berbahasa Batak. Di zaman sekarang ini banyak orang Batak malu berbahasa Batak padahal baru 1 tahun di perantauan sudah merasa ke kotaan atau biar kekinian. Untuk itu  kita harus menjaganya dan mengajarkannya kepada saudara saudara kita agar kelak bahasa tersebut tidak hilang.



    2. Memakai Alat musik Batak

    Musik batak juga salah satu warisan leluhur kita , yang harus dijaga. Menurutnya akhir-akhir ini banyak pemuda batak tidak tahu memainkan alat musik bahkan kadang nama alat musik tersebut tidak tahu. Tentu ini adalah sebuah bentuk keprihatinan beliau terhadap budaya batak yang hampir pudar. Sebagai pemuda seharusnya kita lebih aktif dalam menjaga hal tersebut.



    3 Bernyanyi lagu Batak

    Lagu batak juga adalah sebuah karya seni leluhur kita bagi bangsa batak. Sebagai pemuda kita tidak boleh lupa atau meninggalkan hal tersebut. Dengan bernyanyi lagu Batak itu sudah membuktikan bahwa kita bangga batak. Tidak hanya sebatas itu bila perlu kita menyatukan lagu batak dengan era modern saat ini tentunya juga dengan menciptakan lagu Batak yang tidak kalah saing dengan lagu lainnya. Agar lagu tersebut tidak membosankan. Disinilah dituntut kreatifitas pemuda batak



    4. Menikah dengan orang Batak

    Di zaman yang modern ini banyak yang telah melakukan perkawinan campuran seperti bule dengan Batak atau Batak dengan Cina bahkan dengan arab . Memang cinta Tuhan yang mengatur , tapi dalam hal ini bisa membuat batak kehilangan generasinya. Sebagai suku yang asli pribumi kita juga harus jaga dengan bangsa Batak. Tentu hal ini sangat tidak mudah mengingat anak muda saat ini sudah banyak di pengaruhi dunia luar dan hak kebebasan individu.



    5. Menunjukkan budaya Batak kepada Dunia luar

    Salah satu tehnik dalam hal ini ungkap beliau adalah  dengan memajukan pariwisata dan menggabungkannya dengan budaya Batak. Seperti pembuatan ulos , rumah makan Batak dan masih banyak lagi. Salah satu contoh lain adalah dengan memposting dunia batak di akun sosmed.



    Untuk itu saat ini budaya kita ini harus dijaga oleh para pemuda saat ini terutama kalangan mahasiswa di tuntut aktif untuk menjaga hal tersebut . Demikian ungkap Miko

    Anda punya pendapat tentang buadaya batak ingin di posting silahkan beri saran anda di kolom komentar.

    No comments:

    Post a Comment

    my video

    share via line